Wednesday, September 29, 2010

GIANT HONEY BEE (Apis Dorsata)

Lebah Madu Apis dorsata atau yang dikenal dengan lebah hutan dalam bahasa Inggris dinamakan Giant Honeybees. Lebah jenis ini memang sangat besar tubuhnya jika dibandingkan dengan lebah madu lainnya, dan bahkan tercatat paling besar, meskipun gelar yang disandang ini diberikan kepada Apis dorsata laboriosa yang berada di wilayah pegunungan himalaya. Jenis yang ada di Indonesia adalah Apis dorsata binghami (Sulawesi) dan Apis dorsata dorsata (Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara)

Lebah Madu Apis dorsata biasanya hidup di hutan tropis pada pohon-pohon yang tinggi dengan catatan ketersediaan pakan lebahnya juga sangat memadai. Penamaan lebah hutan, karena lebah jenis ini sangat tergantung pada keberadaan tanaman hutan, meskipun di beberapa tempat yang banyak tanaman perkebunannya juga dijumpai lebah hutan ini, seperti pada lokasi tanaman karet, tanaman kopi, tanaman randu.Lebah madu hutan menghasilkan madu dalam jumlah yang bisa jadi sangat banyak pada tiap sarangnya (sampai dengan 100 liter). Para pemburu madu sangat menyenangi keberadaan lebah hutan ini, meskipun untuk mendapatkannya juga taruhannya tidak sedikit.

Potensi lebah hutan di Indonesia yang sangat "amazing" berada di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Seringkali kita menjumpai produk lebah hutan ini di pasaran. Tempat-tempat yang sangat terkenal yaitu madu hutan Sumbawa, madu hutan Bangka/Belitung, Madu Hutan Kolaka, Madu Hutan Lampung, Madu Hutan Kalimantan dll.

Madu lebah hutan (Giant Honey bee - Apisdorsata) biasanya mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga seringkali mudah terjadi fermentasi, sehingga menimbulkan gas CO2 yang terbentuk dari proses fermentasi dan terjadi letusan tutup wadah madu.

0 comments:

Post a Comment